Postingan

Biaya Ganti Plat Motor

Pergantian plat motor dilakukan tiap lima tahun sekali. Hal ini sudah sesuai dengan peraturan pemerintah yang meminta semua plat nomor kendaraan diganti sesuai penggunaan tahun. Sebuah kendaraan akan mengalami penyusutan pemakaian tiap tahunnya. Karena itu, anda harus senantiasa mengganti sesuai dengan perputaran waktu dan pemakaian. Agar kondisi mootor yang digunakan tetap aman saat pemakaian, maka kondisi mesin juga harus di cek dengan rutin. Biaya ganti plat motor ini sudah sekalian cek fisik kelayakan kendaraan, sehingga semua pengendara akan merasa aman jika sedang berkendara. Sebab petugas sudah menguji dan mengecek kelayakan motor sesuai dengan undang- undang dan hukum yang berlaku.

Plat kendaraan bermotor berfungsi sebagai tanda bahwa motor tersebut sudah tercatat dan dinyatakan layak pakai. Apabila sebuah motor baru tidak menggunakan plat dengan benar maka kendaraan yang digunakan bisa disita oleh negara. Untuk itu, mendaftarkan plat kendaraan dengan cara yang benar akan menenangkan hati anda dan kehidupan anda. Sebuah nomor palsu hanya akan mendatangkan musibah sebab tidak mendapatkan perlindungan hukum yang baik. Agar biaya ganti plat motor ini tidak membengkak maka sebaiknya ganti plat motor anda secara rutin. Hal ini akan mengurangi biaya tambahan karena mendapat denda. Mungkin bagi anda yang memiliki cukup uang tidakakan keberatan dengan pembayaran denda ini. Namun bagi mereka yang masih mengalami masalah ekonomi tentu akan sangat berat. Sebab banyaknya denda bukan dihitung per hari, namun dengan hitungan per tahun. Artinya telat satu hari sama dengan telat satu tahun.

Motor merupakan kendaraan penting yang diperlukan oleh banyak orang. Selain lincah dan praktis, menggunakan kendaraan bermotor juga dapatmenghemat waktu. Apabila dibanding dengan mobil, kereta, bus atau jenis transportasi lain: menggunakan motor jauh lebih praktis dan efisien. Sebuah motor hampir mirip dengan sepeda. Hemat tempat, hemat biaya. Bagi mereka yang ingin praktis maka akan memilih motor sebagai kendaraan yang akan dipilih. Apabila ingin nyaman dan bisa muat banyak orang maka pilihan yang tepat adalah mobil. Sebuah kendaraan pribadi lebih nyaman digunakan dibanding harus menggunakan kendaraan umum. Mengenai biaya ganti plat motor ini anda bisa menanyakan langsung pada petugas. Atau jika ingin memperkirakan bisa dengan melihat STNK yang anda miliki. Dalam surat tersebut ditulis jelas dalam daftar.

Syarat dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti plat motor sama persis dengan kelengkapan membuat STNK baru maupun perpanjang. Baik itu berupa KTP, KK, BPKB dan STNK jika sudah ada. Ingat, semua yang diberikan harus asli ya. Kemudian jangan lupa difotocopi dulu rangkap dua. Semua kelengkapan tersebut masukkan pada bagian perpanjang dan ganti plat. Nomor loket sesuai dengan urutan yang ada di kantor samsat masing- masing daerah. Jika masih kurang jelas, anda bisa menanyakan langsung kepada petugas. Cara ini dianggap cukup efektif jika dibanding harus menggunakan jasa atau kurir yang anda sewa. Sebab biaya ganti plat motor yang akan anda keluarkan juga tidak sama.

Demikian sedikit hal mengenai biaya ganti plat motor yang bisa saya berikan. Dengan tulisan ini diharapkan anda dapat lebih tertib lagi dalam memenuhi persyaratan di samsat. Apabila anda masih bingung dan butuh penjelasan maka bisa anda tanyakan langsung kepada petugas. Jangan malu bertanya ya, sebab malu bertanya sesat di jalan. Semoga tulisan ini memberikan manfaat ya.