Tiga Cara Berhenti Merokok yang Berkesan yang Wajib Anda Tahu

Cara berhenti merokok yang berkesan tentu menjadi tips yang cukup menarik bagi sebagian orang yang ingin berhenti merokok. Semua orang yang masih berpikiran normal juga mengetahui bahwa merokok merupakan kegiatan negatif yang berpengaruh negatif pada kesehatan tubuh manusia. Pasalnya, ada cukup banyak zat kimiawi berbahaya yang dihisap saat merokok masuk ke dalam tubuh, terutama di organ paru-paru. Jika tidak segera dihentikan kebiasaan buruk tersebut, tidak menutup kemungkinan berdampak pada datangnya penyakit mematikan yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, Anda yang sekarang masih merokok sudah seharusnya berhenti secepatnya.

cara berhenti merokok dalam islam,cara berhenti merokok selamanya,obat berhenti merokok,akibat berhenti merokok secara mendadak,efek berhenti merokok,kesan,motivasi cara berhenti merokok,
Hal yang tersulit saat ingin berhenti merokok, yaitu menemukan waktu yang tepat atau momentum untuk melakukannya. Bagi yang sudah puluhan tahun merokok, tentu hal ini akan menjadi sangat sulit untuk tidak merokok hanya dalam waktu 1 hari saja. Mulut akan terasa asam, keluar keringat dingin, sulit berkonsentrasi, dan lain sebagainya. Pada intinya, Anda bisa menghentikan kebiasaan buruk merokok jika sudah menjadi kebiasaan, seperti halnya Anda terbiasa merokok setiap harinya. Oleh karena itu, biasakan untuk menjauhi rokok di lingkungan tempat Anda sekarang. Lalu, apa saja cara berhenti merokok yang berkesan dan bisa dipraktikkan dengan mudah? Jika ingin lebih tahu, baca saja informasi di bawah ini.

1. Memilih momentum waktu yang tepat
Pemilihan waktu ini sangat berkaitan dengan sebuah kegiatan besar yang memaksa Anda untuk tidak merokok. Misalnya, momentum saat berpuasa Ramadhan tiap tahunnya bagi Anda yang memeluk agama Islam. Puasa yang dilakukan selama sebulan penuh menjadi waktu yang tepat untuk meninggalkan rokok. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan positif lainnya. Setelah puasa Ramadhan berakhir, tetap praktikkan cara berhenti merokok yang berkesan ini agar Anda bisa total tidak merokok untuk selamanya.

2. Cita-cita atau keinginan yang harus dilakukan
Cara berhenti merokok yang berkesan berikutnya berkaitan dengan keinginan Anda yang sudah seharusnya diwujudkan. Sebagai contoh, saat Anda berhasil mendapatkan atau mewujudkan sesuatu. Sebelumnya, Anda bercita-cita jika berhasil mewujudkan keinginan tertentu maka akan berhenti merokok apapun situasi, kondisi, dan resikonya. Semua harus dilakukan karena sudah menjadi janji pada diri sendiri. 

3. Berhenti untuk orang yang dicintai
Orang-orang yang Anda cintai dan sayangi, seperti pacar, kekasih, istri, anak, atau orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat menjadikan alsan seseorang untuk berhenti merokok. Mereka itulah yang masih perhatian dengan kondisi kesehatan tubuh Anda, sehingga menyuruh untuk berhenti merokok. Anda yang masih memiliki rasa kasih sayang yang sama sudah seharusnya mau melakukannya. Proses berhenti merokok pada awalnya akan terasa sangat menyiksa, sehingga dukungan orang terdekat sangat dibutuhkan. Dengan begitu, proses yang berat terasa lebih ringan.

Demikianlah tips jitu cara berhenti merokok yang berkesan agar Anda dapat berhenti merokok secara bertahap. Selamat mencoba dan semoga berhasil.